Jumat, 02 Desember 2011

ASIMO, Robot Honda yang Ajaib
Wahyu Sibarani - Koran SI

detail berita
F: Honda New Asimo (dok HPM)

TOKYO - Robot humanoid buatan Honda, ASIMO, terus melakukan evolusi. Lebih satu dekade sejak dikenalkan, robot kebanggaan Honda ini selalu melahirkan keajaiban.

Perkembangan ASIMO bisa dilihat di Honda R&D Center, Wako, Tokyo, Jepang. Robot yang lahir pada 2000 itu kini jadi lebih gesit. Dia bisa berlari lebih cepat, bisa menyeimbangkan diri di permukaan miring, loncat dengan satu kaki, menendang bola, hingga menuangkan minuman.

Hebatnya lagi, kemampuan robot yang bernama lengkap Advanced Step in Innovative Mobility ini bakal bisa digunakan untuk membantu operasi pembersihan di Pembakit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima yang rusak.

Hal itu jadi bukti bahwa robot berkepala bulat ini kini semakin lentur dan sedikit lebih pintar. Hal ini juga merupakan langkah maju Honda untuk menepis kritik bahwa ASIMO tak punya banyak manfaat dalam praktik sehari- hari. Karena itu, tidak ada lagi label ASIMO hanya mainan canggih dan lucu untuk mempromosikan merek Honda.

Presiden Honda Takanobu Ito mengungkap bahwa sebagian teknologi pada ASIMO baru ini dikembangkan hanya dalam enam bulan. Hal itu bertujuan untuk membantu krisis nuklir yang terjadi di Jepang Utara. Menurut Honda, lengan mekanik ASIMO bisa membuka dan menutup katup di PLTN Fukushima Dai-ichi. Honda pun sedang berupaya agar ASIMO bisa melakukan pekerjaan lain sehingga PLTN tersebut kembali bisa dikendalikan. Ito mengatakan, ide awalnya adalah menerjunkan ASIMO di PLTN Fukushima.

Namun, ini tak mungkin karena ASIMO tidak bisa bermanuver di antara puing dan komputer canggihnya sulit berfungsi dalam radiasi. Dalam demonstrasi yang ditunjukkan di Wako, ternyata ASIMO mampu berjalan tanpa terjatuh melalui rintangan di atas lantai setinggi lebih dari 2 cm. Dia juga mampu bergerak hingga 9 km per jam atau sudah masuk dalam kategori berlari. Pada 2005 ASIMO hanya berjalan. Robot tersebut bergerak dengan kecepatan 6 km per jam.Cara bergeraknya sekarang lebih halus, tak lagi tampak tersentak-sentak. ASIMO kini juga mampu membedakan suara dari tiga orang berbeda yang berbicara pada saat bersamaan.

Dia mampu mengetahui bahwa satu orang wanita menginginkan kopi, satu lainnya jus jeruk, dan orang terakhir ingin teh tarik. Kinerja tangan ASIMO juga mengalami peningkatan. Jari-jarinya mampu bergerak bebas secara individual sehingga ASIMO bisa berbahasa isyarat.

“Nama saya ASIMO,” kata sang robot sambil jari-jarinya membentuk simbol namanya. Jari-jari tersebut juga mampu membuka termos dan menuangkan isinya dengan lembut ke dalam gelas. Ito mengatakan, pihaknya telah mengembangkan intelegensi buatan pada ASIMO sehingga robot itu mampu bermanuver dalam kerumunan tanpa harus dipandu dengan remote control.

Ito mengakui masih butuh waktu untuk membuat robot yang bisa diterjunkan dalam tugas-tugas keseharian manusia. Ini berarti ASIMO belum akan muncul di rumah-rumah dalam waktu dekat. Namun, teknologi yang ada pada ASIMO justru sudah mulai digunakan di beberapa produk Honda. Misal Satnav, pendeteksi suara di mobil terbaru Honda dan gyros dan accelerator di motor balap Honda yang digunakan juara dunia balap motor, Casey Stoner.

Teknologi yang disematkan di motor ini bisa memberikan keseimbangan lebih baik bagi motormotor balap Honda. Dengan kemajuan yang sangat besar ini, tidak heran banyak orang bertanya, apa titik terakhir dari ASIMO. Apakah akan jadi mampu meniru semua hal yang bisa dilakukan manusia atau lainnya? ”Kami hanya ingin ASIMO jadi pendamping manusia yang baik. Sebuah autonomousrobot,” ujar Ito.

(zwr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar